Koperasi taruh pinjam (ksp) lima garuda terlilit masalah tidak berhasil bayar dana simpanan anggota sejumlah rp 400 miliar. Masalah itu muncul ke publik saat seorang anggota berinisial yms ajukan penangguhan keharusan pembayaran hutang (pkpu) ke pengadilan niaga jakarta pusat sebab ksp lima garuda tidak berhasil bayar dana simpanan yms sejumlah rp 77 miliar yang telah jatuh termin.

Dalam urutan yang diterima detikcom. Yms pertama masuk dengan ksp lima garuda pada november 2016. Tetapi. Yms sudah disodori untuk masuk dengan ksp lima garuda pada juni 2016 dengan iming-iming jika ksp lima garuda ialah perusahaan yang dipunyai keluarga dari pt garudafood putra putri jaya tbk (garudafood). Aslinya dari pendiri sekaligus juga ketua ksp lima garuda surachmat sunjoto ialah anak dari pemegang saham garudafood.

“salah satunya keluarga dari pak ss (surachmat sunjoto) adalah pemegang saham di garudafood. Berdasar pembicaraan dari beberapa nasabah tetap disebut jika beliau ialah keluarga dari salah satunya pemegang saham di garudafood.” papar kuasa hukum yms. Lawan mainur ke detikcom. Jumat (2/10/2020).

Dalam urutan masalah disebut. Pada september 2016 faksi pemasaran dari ksp lima garuda terus memberi penawaran. Serta menghadiahkan produk garudafood waktu yms berulang-ulang tahun.

“menurut kami hadiah itu untuk menyakinkan ke kami jika ksp lima garuda ialah grup/kelurga garudafood. Karena itu pada tanggal 17- november 2016 untuk pertama-tama kami putuskan siap tempatkan dana simpanan di ksp lima garuda.” bunyi dokumen urutan itu.

Lihat situs sah perusahaan yaitu 5garuda.com. Ksp lima garuda sempat juga mengupload kabar perayaan hut lima grup. Dalam artikel itu. Dituliskan hut lima grup ikut didatangi oleh orangtua surachmat sunjoto yakni prodjo handojo sunjoto yang disebut untuk pemegang saham garudafood.

Diambil dari data rti. Prodjo handojo sunjoto memang tercatat untuk pemegang saham garudafood. Tetapi. Bagian miliknya hanya sebesar 3.92%.

“lantas di situs lima garuda mereka internal membuat seperti seminar ada pamannya itu pak sudhamek (sudhamek agoeng waspodo soenjoto sebagai komisaris penting garudafood) itu ada .” kata perwakilan dari keluarga yms yang namanya rachman abiprabowo saat dikontak detikcom dengan cara terpisah.

Disamping itu. Menurut rachman pemasaran ksp lima garuda memang tetap bawa iming-iming keluarga garudafood untuk menangkap anggota.

“pemasaran di saat menangkap nasabah itu sampaikan jika ini lima garuda ialah afiliasi keluarga garudafood. Itu sich telah terverifikasi. Orang tuanya pak ss itu prodjo handojo sunjoto pemegang saham garudafood.” tutup rachman.